Jurnal Medika: Medika
Vol. 4 No. 3 (2025)

Profesionalisme Guru Dalam Meningkatkan Mutu Prestasi Siswa Melalui Penelitian Tindakan Kelas di SMPN 3 Kecamatan IV Jurai Kabupaten Pesisir Selatan

Harisnawati, Harisnawati (Unknown)
Rahayu, Sri (Unknown)
Wahyuni, Yanti Sri (Unknown)
Yoma, Getsa Putri (Unknown)
Andriani, Vivi (Unknown)



Article Info

Publish Date
13 Aug 2025

Abstract

Pengabdian ini dilakukan kepada guru-guru di SMPN 3, Kecamatan IV Jurai, Kabupaten Pesisir Selatan, Provinsi Sumatera Barat. Kegiatan pengabdian kepada masyarakat ini dilaksanakan pada tanggal 09 Januari 2025. Tema pengabdian kepada masyarakat ini adalah Peningkatan Profesionalisme Guru melalui Penelitian Tindakan Kelas (PTK) di SMPN 3 IV Jurai Kabupaten Pesisir Selatan Propinsi Sumatera Barat”. Dalam konteks perbaikan mutu pendidikan, sub unsur kegiatan pengembangan  keprofessian berkelanjutan  dengan membuat  Penelitian Tindakan Kelas (PTK) diharapkan dapat mendorong guru untuk dapat memperbaiki proses pembelajaran di kelasnya. Dengan begitu guru lebih layak disebut telah bertindak profesional. Bagi guru, menulis adalah bagian dari pengembangan profesi. Dengan metode pengabdian dilakukan dengan dua cara yaitu metode ceramah dan pelatihan. Hasil dari kegiatan pengabdian ini diharapkan para guru mampu meningkatkan  profesionalisme guru secara berkelanjutan dan meningkatkan mutu proses pembelajaran melalui pelatihan Penelitian Tindakan Kelas di SMP Negeri 3 IV Jurai Kabupaten Pesisir Selatan.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

medika

Publisher

Subject

Dentistry Health Professions Medicine & Pharmacology Nursing Public Health

Description

Jurnal Medika: Medika adalah jurnal yang mempublikasikan hasil pengabdian masyarakat bidang kesehatan. Jurnal pengabdian masyarakat Medika di terbitkan oleh Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat (LP2M) Universitas Pahlwan Tuanku Tambusai. Jurnal ini berisikan artikel berkenaan dengan hasil ...