Afeksi: Jurnal Penelitian dan Evaluasi Pendidikan
Vol 6, No 6 (2025)

Analisis Fiqh Muamalah Sebagai Bahan Ajar dalam Pendidikan Islam Terhadap Jual Beli Ikan Hasil Tangkapan dengan Bahan Pestisida

Al Hadad, Ahmad Masyuri (Unknown)
Kurniawan, Kurniawan (Unknown)
Dewi, Hasna (Unknown)



Article Info

Publish Date
22 Aug 2025

Abstract

Penelitian ini mengkaji praktik penangkapan ikan menggunakan pestisida di Kelurahan Mendahara Ilir dan implikasinya dalam perspektif fiqh muamalah serta pendidikan Islam. Metode yang digunakan adalah observasi, wawancara, dan studi literatur, dengan fokus pada analisis status hukum jual beli ikan hasil tangkapan pestisida dan pemanfaatannya sebagai bahan ajar. Hasil penelitian menunjukkan bahwa praktik ini dilakukan oleh sebagian nelayan untuk menghemat waktu dan biaya, namun menghasilkan ikan yang membahayakan kesehatan dan merusak lingkungan. Dalam hukum Islam, ikan terkontaminasi pestisida termasuk kategori haram dan batal diperjualbelikan karena bertentangan dengan maqashid al-syari’ah, terutama aspek penjagaan jiwa (hifz al-nafs) dan harta (hifz al-mal). Faktor kurangnya pemahaman masyarakat terhadap fiqh muamalah menjadi penyebab berlanjutnya praktik tersebut. Dalam konteks pendidikan Islam, temuan ini dapat dijadikan bahan ajar kontekstual untuk mengajarkan prinsip halal-haram, etika perdagangan, dan tanggung jawab sosial melalui pendekatan pembelajaran berbasis masalah. Penelitian ini menegaskan perlunya sinergi antara edukasi, penegakan hukum, dan kesadaran lingkungan untuk mencegah praktik serupa di masa depan.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

afeksi

Publisher

Subject

Education Languange, Linguistic, Communication & Media Mathematics Social Sciences Other

Description

Afeksi: Jurnal Penelitian dan Evaluasi Pendidikan is one of the media for dissemination of information research results in the field of education which aims to communicate the various results of studies that can serve as the basis of scientific development to create educational innovation that ...