eCo-Buss
Vol. 8 No. 1 (2025): eCo-Buss

Pengaruh Content Marketing terhadap Keputusan Pembelian melalui Minat Beli sebagai Intervening di Aplikasi Tiktok pada Mahasiswa di Kota Semarang

Ardiyansyah, Muhammad Ridho (Unknown)
Kusumawati, Diah Ayu (Unknown)
Hastuti, Erma Sri (Unknown)



Article Info

Publish Date
10 Aug 2025

Abstract

Content Marketing berperan sebagai jantungnya suatu bisnis dikarenakan adanya strategi dalam sub bisnis yang sangat sulit dan menentukan perkembangan suatu perusahaan dengan hal ini marketing dioptimalkan melalui strategi yang efisien dengan format yang terbarukan serta telah teruji pada suatu konsumen. Dengan adanya perkembangan pesat, khususnya pada platform media social seperti Tiktok. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh Content Marketing terhadap Keputusan Pembelian dengan Minat Beli sebagai variable intervening pada mahasiswa di Kota Semarang. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif deskriptif dengan pengumpulan data olahan berupa primer melalui pembagian kuesioner pada 100 responden mahasiswa pemakai aplikasi Tiktok di Kota Semarang. Teknik mengambil sampel dengan metode non-probability sampling bersama metode purposive sampling. Analisis data menggunakan regresi linear berganda dan uji sobel untuk menguji efek intervening. Hasil penelitian menunjukan bahwa Content Marketing berpengaruh positif dan signifikan terhadap Keputusan Pembelian, dengan Selain itu, Minat Beli terbukti secara positif dan signifikan mengintervening pengaruh antara Content Marketing terhadap Keputusan Pembelian sebesar , 2 0,792. Penelitian ini memperkuat pentingnya strategi Content Marketing pada Aplikasi Tiktok dalam membentuk Minat Beli yang pada akhirnya mendorong Keputusan Pembelian khususnya di kalangan mahasiswa sebagai konsumen digital aktif. Penelitian ini diharapkan dapat berkontribusi pada pengembangan literatur dan rujukan bagi akademisi terkait Content Marketing pada Aplikasi Tiktok dalam mempengaruhi Keputusan Pembelian dan Minat Beli terhadap Konsumen terutama mahasiswa di Kota Semarnag dan pelaku bisnis dalam pengoptimalan Content Marketing digital diera Media Sosial khususnya pada Aplikasi Tiktok.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

eb

Publisher

Subject

Decision Sciences, Operations Research & Management Economics, Econometrics & Finance

Description

Focus on the development of economic sciences especially ECommerce and Business, both scientific and practical review, so it is expected to become a scientific medium for the creation of integration between theoretical studies and practical studies for the development of economic science in various ...