eCo-Buss
Vol. 8 No. 1 (2025): eCo-Buss

Pengaruh Social Media Marketing dan Lifestyle Terhadap Purchase Decision Dengan Brand Awareness Sebagai Mediasi Pada Tomoro Coffee

Pricilla, Maria Olivia (Unknown)
Ramadania, Ramadania (Unknown)
Juniwati, Juniwati (Unknown)
Heriyadi, Heriyadi (Unknown)
Pebrianti, Wenny (Unknown)



Article Info

Publish Date
10 Aug 2025

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh Social Media Marketing dan Lifestyle terhadap keputusan pembelian (Purchase Decision) dengan Brand Awareness sebagai variabel mediasi pada konsumen Tomoro Coffee di Kota Pontianak. Pendekatan kuantitatif digunakan dengan metode survei, menggunakan kuesioner skala Likert kepada 100 responden yang dipilih melalui teknik purposive sampling. Pengolahan data dilakukan menggunakan Partial Least Squares-Structural Equation Modeling (PLS-SEM) dengan bantuan perangkat lunak SmartPLS 4. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Social Media Marketing berpengaruh signifikan terhadap Brand Awareness (B = 0,513; p < 0,001), begitu pula dengan Lifestyle (B = 0,465; p < 0,001). Namun, baik Social Media Marketing (B = -0,017; p = 0,864) maupun Lifestyle (B = -0,031; p = 0,702) tidak berpengaruh secara langsung terhadap keputusan pembelian. Sebaliknya, Brand Awareness memiliki pengaruh yang sangat kuat terhadap keputusan pembelian (B = 0,934; p < 0,001), serta secara signifikan memediasi hubungan antara kedua variabel bebas dengan keputusan pembelian. Temuan ini menegaskan pentingnya peran Brand Awareness sebagai penghubung antara strategi pemasaran dan perilaku pembelian aktual, serta menyarankan perlunya fokus perusahaan pada peningkatan kesadaran merek melalui aktivitas digital dan pendekatan gaya hidup konsumen.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

eb

Publisher

Subject

Decision Sciences, Operations Research & Management Economics, Econometrics & Finance

Description

Focus on the development of economic sciences especially ECommerce and Business, both scientific and practical review, so it is expected to become a scientific medium for the creation of integration between theoretical studies and practical studies for the development of economic science in various ...