Jurnal Kajian Pariwisata dan Bisnis Perhotelan
Vol 6 No 2 (2025): Jurnal Kajian Pariwisata dan Bisnis Perhotelan

Pengaruh Budaya Organisasi dan Komunikasi Terhadap Kepuasan Kerja di YELLO Hotel Harbour Bay Batam

Ardelia, Abida (Unknown)
Adrian, Arif (Unknown)



Article Info

Publish Date
18 Aug 2025

Abstract

Penelitian ini didasari oleh adanya permasalahan terkait budaya organisasi dan komunikasi di YELLO Hotel Harbour Bay Batam yang berpotensi memengaruhi tingkat kepuasan kerja karyawan. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengkaji sejauh mana pengaruh budaya organisasi dan komunikasi terhadap kepuasan kerja di hotel tersebut. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan pendekatan asosiatif bentuk hubungan kausal menggunakan metode angket untuk mengetahui hubungan tentang budaya organisasi dan komunikasi terhadap kepuasan kerja. Data penelitian ini diraih melalui lewat penggunaan instrument penelitian berupa kuesioner yang diberikan kepada 39 responden yang merupakan seluruh karyawan. Analisis hipotesis penelitian ini menggunakan uji regresi linear berganda dengan bantuan SPSS 23.00. terdapat pengaruh antar budaya organisasi dan komunikasi terhadap kepuasan kerja dengan nilai Adjusted R Square diperoleh sebesar 0,777. Hal ini menunjukkan bahwa budaya organisasi (X1) dan komunikasi (X2) secara bersama-sama memengaruhi kepuasan kerja (Y) pada YELLO Hotel Harbour Bay Batam sebesar 77,7% dan proporsi sisanya 22,3% dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak diteliti pada penelitian ini. Pengujian hipotesis dalam penelitian ini dengan regresi berganda yang menunjukkan bahwa nilai F hitung 67,141 dengan F tabel 3,27 sehingga F hitung > F tabel dan signifikan 0,000 < 0,05. Hal ini menunjukkan bahwa variabel budaya organisasi (X1) dan komunikasi (X2) secara bersama-sama berpengaruh secara signifikan terhadap kepuasan kerja (Y).

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

JKPBP

Publisher

Subject

Humanities Decision Sciences, Operations Research & Management Education Social Sciences

Description

Jurnal ini terbit Tiga kali dalam satu tahun pada bulan April, Agustus dan Desember. Jurnal Kajian Pariwisata dan Bisnis Perhotelan hanya menerima karya ilmiah asli yang belum dipublikasikan pada media lain. Semua artikel yang masuk akan ditinjau terlebih dahulu oleh EDITOR yang kompeten dan akan di ...