Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis literasi digital sebagai faktor pendukung tercapainya tujuan Pembangunan Berkelanjutan 2030. Penelitian ini menggunakan metode kajian pustaka dengan pendekatan kualitatif deskriptif. Hasil penelitian berdasarkan berbagai sumber kajian pustaka menunjukkan bahwa literasi digital merupakan salah satu unsur atau faktor yang berperan penting dalam mendukung SDGs 2030. Implikasi literasi media dapat dilihat pada berbagai sektor antara lain sektor pendidikan (tujuan 4); keterampilan digital membantu meningkatkan kemampuan akademik, berpikir kritis, dan keterampilan komunikasi siswa. Lebih lanjut, keterampilan literasi juga berkontribusi dalam meningkatkan taraf hidup pengguna dengan membuka peluang dan akses yang luas untuk mendapatkan pekerjaan yang layak sehingga mendorong pertumbuhan ekonomi (tujuan 8). Keterampilan digital juga dapat dikuasai oleh laki-laki dan perempuan, sehingga hal ini membantu tercapainya kesetaraan gender yang merupakan tujuan SDGs nomor 5. Oleh karena itu, keunggulan keterampilan teknologi digital berkontribusi pada peningkatan kreativitas dan inovasi serta pengembangan sumber daya masyarakat (tujuan SDGs 9). Kesimpulannya adalah literasi media merupakan faktor penting dalam mencapai tujuan pembangunan berkelanjutan 2030 dan hal ini akan menciptakan masyarakat Indonesia yang melek huruf dan bermartabat.
                        
                        
                        
                        
                            
                                Copyrights © 2025