Di era digital, guru dituntut menguasai teknologi informasi sehingga dapat menciptakan pembelajaran yang inovatif dan mampu menyelesaikan masalah siswa melalui pemahaman konsep, bukan hanya terbatas pada hafalan. Kegiatan pengabdian kepada masyarakat ini bertujuan untuk mendeskripsikan permasalahan guru Matematika di MAN se-Kabupaten Jember dalam pembelajaran, mendeskripsikan pelaksanaan pendampingan pemanfaatan GeoGebra, dan mendeskripsikan respon guru Matematika sebelum dan sesudah pendampingan pemanfaatan GeoGebra. Metode yang digunakan yakni Participatory Action Research dengan lima tahapan yaitu to know, to understand, to plan, to act, dan to change. Hasil menunjukkan bahwa masalah utama guru Matematika di MAN se-Kabupaten Jember adalah kemampuan Teknologi Informasi yang belum maksimal sehingga dibutuhkan pendampingan untuk meningkatkan kemampuan tersebut melalui pendampingan pemanfaatan GeoGebra. Pelaksanaan pendampingan terdiri dari dua tahapan. Setiap tahapan terdiri dari penyampaian materi dan praktik. Respon guru Matematika setelah pendampingan menunjukkan peningkatan pemahaman materi dan cara mengoperasikan serta mengimplementasikan GeoGebra dalam pembelajaran Matematika. Dibandingkan dengan respon sebelum pendampingan, para guru Matematika belum banyak yang mengetahui terkait pemanfaatan teknologi informasi dalam pembelajaran Matematika. Kata kunci: GeoGebra; pembelajaran Matematika; teknologi informasi
Copyrights © 2025