Perilaku Caring merupakan sikap peduli, menghormati dan menghargai orang lain. Salah satu indikator keberhasilan pelayanan kesehatan perorangan adalah kepuasan pasien. Sikap positif petugas terhadap pasien akan sangat menentukan interaksi positif antara petugas dengan pasien, sehingga memberikan nilai tambah untuk nilai kepuasan pasien, keluarga dan masyarakat. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui adanya hubungan antara perilaku caring dengan tingkat kepuasan pasien. Jenis penelitian yang digunakan yaitu deskriptif analitik dengan pendekatan cross sectional di ruang rawat inap penyakit dalam pada bulan September 2020. Populasinya adalah seluruh pasien yang dirawat diruang penyakit dalam dengan pengambilan sampel secara acidental sampling,sebanyak 71 orang pasien. Pengumpulan data dilakukan dengan questioner, data di olah menggunakan SPSS dengan uji  chi square. Hasil penelitian analisa univariat diketahui (60.6%) menyatakan perilaku caring perawat pada kategori negatif dan (59.2%) menyatakan tidak puas dengan pelayanan keperawatan. Hasil analisa bivariat ada hubungan antara perilaku caring dengan tingkat kepuasan pasien diRuang Rawat Inap Penyakit Dalam TK III Dr. Reksodiwryo Padang (p-value=0.000). Disimpulkan bahwa perilaku caring perawat yang negatif berhubungan dengan kurangnnya kepuasan pasien terhadap pelayanan keperawatan. Diharapkan pada pihak rumah sakit agar dapat melakukan survei kepuasan pasien setiap 1 tahun sekali, serta memberikan pelatihan caring terhadap semua perawat
                        
                        
                        
                        
                            
                                Copyrights © 2025