Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan pemahaman dan keterampilan mahasiswa kebidanan dalam mendampingi ibu hamil secara psikologis melalui kegiatan psikoedukasi berbasis modul interaktif. Desain penelitian menggunakan quasi-experimental dengan pre-post test design pada 37 mahasiswa tingkat II semester empat Program Studi D3 Kebidanan Institut Ilmu Kesehatan Pelamonia Makassar. Kegiatan psikoedukasi dilaksanakan dengan metode pemaparan materi, diskusi interaktif, studi kasus, dan simulasi komunikasi terapeutik yang mencakup "Psikologi Perkembangan Ibu Hamil" dan "Psikologi Bidan sebagai Pendamping", dievaluasi menggunakan instrumen pre-test dan post-test berupa soal pilihan ganda yang dianalisis dengan statistik deskriptif. Hasil menunjukkan peningkatan signifikan pemahaman peserta dari total skor pre-test 171 menjadi 341 pada post-test (peningkatan 99,42%), dengan 59,46% peserta mencapai peningkatan skor ≥100% dan rata-rata peningkatan individu 4,62 poin, dimana peserta dengan pengetahuan awal rendah menunjukkan peningkatan persentase lebih tinggi (233,33%-900%) dibandingkan peserta dengan skor awal tinggi (11,11%-28,57%). Psikoedukasi terbukti efektif meningkatkan kompetensi psikologis mahasiswa kebidanan dalam memahami dinamika psikologis ibu hamil, komunikasi terapeutik, dan pendekatan holistik, sehingga dapat diintegrasikan dalam kurikulum pendidikan kebidanan.
                        
                        
                        
                        
                            
                                Copyrights © 2025