Jurnal Ilmiah Inovasi
Vol 25 No 2 (2025): Agustus

Strategi Pemasaran Agribisnis Ternak Domba Berbasis SWOT pada CV. Sultan Farm di Kabupaten Jember

Dwi Harnita, Fernanda (Unknown)
Dwi Wahyono, Nanang (Unknown)
Sundari, Sri (Unknown)



Article Info

Publish Date
21 Aug 2025

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk merumuskan strategi pemasaran yang tepat dalam mengembangkan agribibisnis ternak domba pada CV. Sultan Farm di Kabupaten Jember. Teknik penentuan sampel secara purposive sampling menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif. Sumber data yang digunakan dat primer dan data sekunder. Metodelogi yang digunakan analisis IFE, EFE, SWOT. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa dalam matriks IE CV. Sultan Farm berada pada posisi sel I (tumbuh dan membangun). Strategi alternatif SWOT yang direkomendasikan adalah i) peningkatan kualitas produk domba unggul dan variasi harga melalui inovasi teknologi, ii) perluasan pangsa pasar dengan promosi berbasis perluasan pelanggan, iii) pencarian mitra atau investor untuk memperoleh lokasi tetap yang didukung oleh regulasi pemerintah, iv) bentuk tim promosi dengan pemanfaatan influencer lokal, v) tampilkan keunggulan kualitas dan layanan untuk menghadapi persaingan, vi) penerapan sistem keamanan dan kepatuhan regulasi, vii) pembentukan konten promosi inovatif melalui pendekatan storytelling yang mengedukasi dan mendukung program pemberdayaan agribisnis.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

jii

Publisher

Subject

Agriculture, Biological Sciences & Forestry Decision Sciences, Operations Research & Management Education Other

Description

The Journal contains the original article of the research related to the problem areas of Agricultural Production, Animal Production, Agribusiness Management, and Agricultural Technology. ...