Education Achievement: Journal of Science and Research
Volume 6 Issue 2 July 2025

Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Articulate Storyline untuk Materi Bagian Tubuh Tumbuhan di Kelas IV Sekolah Dasar

Jannah, Miftahul (Unknown)
Firman (Unknown)
Suryani, Lilis (Unknown)



Article Info

Publish Date
28 Jul 2025

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan media pembelajaran berbasis Articulate Storyline pada materi bagian tubuh tumbuhan untuk siswa kelas IV SD. Penelitian menggunakan metode penelitian dan pengembangan (R&D) dengan model ADDIE yang meliputi tahap Analysis, Design, Development, Implementation, dan Evaluation. Tahap analisis dilakukan melalui wawancara guru dan penyebaran angket kebutuhan siswa di SDN 41 Batu Putih Kota Palopo, yang menunjukkan perlunya inovasi media pembelajaran interaktif. Proses pengembangan media melalui validasi oleh ahli media, bahasa, dan materi menghasilkan persentase validitas berturut-turut 84%, 90%, dan 89% dengan kategori sangat valid. Uji praktikalitas media menunjukkan respons sangat praktis dengan persentase 87% dari uji coba terbatas dan 97% dari guru kelas IV. Efektivitas media dibuktikan melalui peningkatan hasil belajar siswa, dengan skor rata-rata pretest 71,75% meningkat menjadi 85,75% pada posttest. Dengan demikian, media pembelajaran berbasis Articulate Storyline yang dikembangkan dinyatakan valid, praktis, dan efektif digunakan dalam pembelajaran materi bagian tubuh tumbuhan di kelas IV SD.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

jsr

Publisher

Subject

Education Other

Description

Education Achievement: Journal of Science and Research terbit 3 kali dalam setahun, yaitu bulan Oktober, Februari dan Juni, Education Achievement: Journal of Science and Research merupakan jurnal pada bidang yang berkaitan dengan Pendidikan, yang meliputi studi tekstual dan lapangan dengan berbagai ...