Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya kemampuan membaca pemahaman siswa kelas III di SD Negeri 36/VI Rantau Panjang III. Hasil observasi awal menunjukkan bahwa banyak siswa mengalami kesulitan dalam mengenali huruf, mengeja, dan memahami isi bacaan. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan proses pembelajaran membaca pemahaman serta meningkatkan hasil belajar siswa melalui penerapan model Cooperative Integrated Reading and Composition (CIRC) dengan bantuan media Word Box. Metode yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dalam dua siklus. Teknik pengumpulan data meliputi observasi, tes hasil belajar, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan kemampuan membaca pemahaman dari siklus I ke siklus II, baik dari segi keterlibatan aktif siswa maupun jumlah siswa yang mencapai kompetensi sesuai dengan tujuan pembelajaran. Simpulan penelitian ini menegaskan bahwa model CIRC dengan media Word Box efektif dalam meningkatkan keterampilan membaca pemahaman siswa. Ke depan, model ini berpotensi diterapkan lebih luas sebagai pendekatan pembelajaran Bahasa Indonesia yang aktif, menyenangkan, dan kolaboratif di jenjang sekolah dasar.
Copyrights © 2025