Ideguru: Jurnal Karya Ilmiah Guru
Vol 10 No 2 (2025): Edisi Mei 2025

Peningkatan Keterampilan Membaca Pemahaman Menggunakan Model Cooperative Integrated Reading and Composition Berbantu Media Word Box di Kelas 3 Sekolah Dasar Negeri 36/VI Rantau Panjang III

Dahlia, Dahlia (Unknown)
Aprizan, Aprizan (Unknown)
Aldino, Aldino (Unknown)



Article Info

Publish Date
26 Aug 2025

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya kemampuan membaca pemahaman siswa kelas III di SD Negeri 36/VI Rantau Panjang III. Hasil observasi awal menunjukkan bahwa banyak siswa mengalami kesulitan dalam mengenali huruf, mengeja, dan memahami isi bacaan. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan proses pembelajaran membaca pemahaman serta meningkatkan hasil belajar siswa melalui penerapan model Cooperative Integrated Reading and Composition (CIRC) dengan bantuan media Word Box. Metode yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dalam dua siklus. Teknik pengumpulan data meliputi observasi, tes hasil belajar, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan kemampuan membaca pemahaman dari siklus I ke siklus II, baik dari segi keterlibatan aktif siswa maupun jumlah siswa yang mencapai kompetensi sesuai dengan tujuan pembelajaran. Simpulan penelitian ini menegaskan bahwa model CIRC dengan media Word Box efektif dalam meningkatkan keterampilan membaca pemahaman siswa. Ke depan, model ini berpotensi diterapkan lebih luas sebagai pendekatan pembelajaran Bahasa Indonesia yang aktif, menyenangkan, dan kolaboratif di jenjang sekolah dasar.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

jurnalideguru

Publisher

Subject

Education Other

Description

"Ideguru" means the overall thought conducted by teachers, in the form of classroom action research as well as scientific papers. The vision of Ideguru is to be one of the main references for teachers in planning, implementing and evaluating learning inovation in Yogyakarta Special Province (DIY), ...