Ideguru: Jurnal Karya Ilmiah Guru
Vol 10 No 2 (2025): Edisi Mei 2025

Peningkatan Proses dan Hasil Belajar IPAS Menggunakan Model Accelerated Learning Berbantu Media Roda Berputar

Safitri, Mella (Unknown)
Subhanadri, Subhanadri (Unknown)
Putra, Randi Eka (Unknown)



Article Info

Publish Date
26 Aug 2025

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan proses dan hasil belajar mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam dan Sosial (IPAS) melalui penerapan model Accelerated Learning berbantuan media roda berputar pada siswa kelas V SD Negeri 36/VI Rantau Panjang. Metode yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilaksanakan dalam dua siklus, dengan tahapan perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui observasi untuk mengukur kualitas proses pembelajaran serta tes untuk mengetahui pencapaian hasil belajar siswa. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan signifikan dalam keterlibatan siswa selama proses pembelajaran, serta peningkatan pada hasil belajar. Proses pembelajaran mengalami peningkatan dari kategori “baik” pada siklus I menjadi “sangat baik” pada siklus II, sementara persentase ketuntasan belajar siswa meningkat dari 55% pada kondisi awal menjadi 90% pada akhir siklus. Temuan ini membuktikan bahwa model Accelerated Learning dengan media roda berputar efektif dalam menciptakan suasana belajar yang interaktif, menyenangkan, serta mampu meningkatkan hasil belajar siswa. Oleh karena itu, model ini direkomendasikan untuk diterapkan secara luas dalam pembelajaran di sekolah dasar.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

jurnalideguru

Publisher

Subject

Education Other

Description

"Ideguru" means the overall thought conducted by teachers, in the form of classroom action research as well as scientific papers. The vision of Ideguru is to be one of the main references for teachers in planning, implementing and evaluating learning inovation in Yogyakarta Special Province (DIY), ...