Latar belakang penelitian ini adalah rendahnya motivasi dan capaian hasil belajar pada mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam dan Sosial (IPAS) di sekolah dasar. Model Problem Based Learning (PBL) yang menekankan pada pemecahan masalah kontekstual serta pelibatan aktif siswa, jika dipadukan dengan media Wordwall yang interaktif, diharapkan dapat mendorong siswa lebih antusias dan terlibat aktif dalam proses pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan motivasi dan hasil belajar siswa melalui penerapan model PBL berbantuan media Wordwall. Metode penelitian yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilaksanakan dalam dua siklus. Data dikumpulkan melalui observasi, angket, tes, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan motivasi belajar dari kategori “baik” (75%) pada siklus I menjadi “sangat baik” (94%) pada siklus II, serta peningkatan hasil belajar dari 66% (kategori cukup) menjadi 95% (kategori sangat baik). Simpulan dari penelitian ini adalah integrasi model PBL dengan media Wordwall terbukti efektif dalam meningkatkan motivasi, hasil belajar, dan kualitas proses pembelajaran siswa. Prospek penelitian selanjutnya dapat mengkaji penerapan strategi ini pada mata pelajaran lain atau tingkat pendidikan yang berbeda untuk memperluas manfaat dan efektivitasnya.
Copyrights © 2025