Jurnal Basicedu
Vol. 9 No. 4 (2025): August

Persepsi Santriwati terhadap Kegiatan Dauroh Lughah Bahasa Arab dengan Materi I'rab Al- Qur'an

Askha, Milati (Unknown)
Hafidah, Hafidah (Unknown)
Qosim, Muhammad Nanang (Unknown)



Article Info

Publish Date
21 Aug 2025

Abstract

Bahasa Arab adalah bahasa Al-Qur'an. Untuk menelaah kandungan didalam Al-Qur'an diperlukan pemahaman terhadap bahasa Arab. Dalam mempelajari bahasa asing ada tahapan pembelajaran yang harus diikuti. Mulai dari tahap pembelajaran dasar hingga nantinya sampai pada tahapan menguasai keterampilan bahasa, yaitu membaca, mendengar, menulis dan berbicara. Untuk meningkatkan pemahaman dalam bahasa Arab, khususnya dalam hal tata kalimat, pondok Pesantren Ta'mirul Islam Surakarta mengadakan program Dauroh Lughah Bahasa Arab dengan materi I'rab Al-Qur'an. Tujuan penelitian ini adalah untuk melihat persepsi positif dan negatif dari para peserta dengan diadakannya kegiatan tersebut. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kualitatif dengan analisis deskriptif. Penelitian dilakukan untuk mengetahui fenomena yang dialami oleh subyek penelitian baik dalam bentuk tindakan, motivasi dan persepsi yang disajikan secara deskriptif. Pengumpulan data penelitian dengan cara wawancara menggunakan panduan wawancara. Hasil penelitian mendapatkan data persepsi positif yaitu meningkatkan pemahaman ilmu Nahwu & Shorof, menambah pengetahuan tentang Tafsir dan Tarjamah ayat Al-Qur'an, memberikan kesempatan untuk mengulang materi yang pernah dipelajari, meningkatkan semangat berbahasa. Persepsi Negatif Santriwati kelas 6 KMI Ponpes Ta'mirul Islam Surakarta terhadap kegiatan Dauroh Lughah Bahasa Arab dengan Materi I'rab Al-Qur'an, yaitu metode penyampaian yang digunakan kurang menarik dan durasi pembelajaran terlalu lama

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

basicedu

Publisher

Subject

Mathematics

Description

Penelitian tentang ilmu kependidikan dan bertujuan membandingkan keefektifan model pendekatan contextual teaching and learning (CTL) dan pendekatan discovery yaitu dengan memberi soal pemecahan masalah pembelajaran matematika terhadap kemampuan berpikir kreatif mahasiswa PGSD Universitas ...