Fasilitas pelayanan kesehatan adalah suatu tempat yang digunakan untuk menyelenggarakan upaya pelayanan kesehatan, baik promotif, preventif, kuratif maupun rehabilitatif yang dilakukan oleh pemerintah, pemerintah daerah dan atau masyarakat. Permasalahan kurangnya kepuasan muncul dari lokasi Puskesmas dengan jarak tempuh yang terlalu jauh bagi sebagian ibu, jalan yang masih rusak, dan juga ketersediaan kursi untuk ibu menunggu kadang tidak mencukupi. Tujuan penelitian adalah untuk mengetahui kepuasan pelayanan kesehatan ibu dan anak (KIA). Penelitian ini menggunakan metode Deskriptif kuantitatif dengan pendekatan cross sectional. Populasi 42 orang. Sampel 30 orang dengan metode accidental sampling. Hasil penelitian menunjukan dari 30 responden rata rata puas pada pelayanan KIA Di Puskesmas Berangas Kabupaten Kotabaru. Kategori puas Berdasarkan tangible 16 orang (53,3%), reliability 18 orang(60%), responsiveness 19 orang (63,3%), assurance 20 orang(66,7%), dan empaty 19 orang (63,3%). Disimpulkan bahwa kepuasan ibu berdasarkan Tangible (Bukti Fisik), Reliability (Kehandalan), Responsiveness (Daya Tanggap), Assurance (Jaminan) dan Empaty (Rasa Simpati) pada pelayanan Kesehatan Ibu dan Anak (KIA) di Puskesmas Berangas Kabupaten Kotabaru, responden merasa puas pada pelayanan yang diberikan.
Copyrights © 2023