EDUPEDIA
Vol. 9 No. 1 (2025): April

PENERAPAN TEORI WALLAS DALAM MEMECAHKAN MASALAH OPEN ENDED

Cahyanti, Rika Dwi (Unknown)
Mutianingsih, Ninik (Unknown)
Prayitno, Lydia Lia (Unknown)
Sugandi, Eko (Unknown)



Article Info

Publish Date
12 Aug 2025

Abstract

Pembelajaran matematika ini menuntut peserta didik untuk berfikir kreatif dalam memecahkan suatupermasalahan. Pemecahan masalah ini diterpakan dengan menyelesaikan soal open ended, soal tipe ini sangatmenuntu siswa untuk berfikir kreatif. Pada soal open ended ini nanti nya dikerjakan oleh peserta didik yangkemudian dianalisis dengan menerapkan teori wallas. Teroi wallas ini terdpat empat tahapan dioantranya tahapanberfikir kreatif yaitu persiapan, inkubasi, iluminasi, dan verifikasi. Subjek penelitian ini diambil tiga subjekberdasarkan kategori Tingkat tinggi, sedang, dan rendah. Ketiga subjek diberikan soal open ended yangselanjutnya dianalisis dengan menerapkan teori wallas. Dari hasil penelitian diperoleh hasil dari ketiga kategori,pertama untuk kategori tinggi dan kategori sedang mampu menyelesaikan tiga tahapan yaitu tahap persiapan,inkubasi, dan verifikasi. Kedua untuk kategori rendah, pada kategori ini hanya mampu menyelesaikan satu tahapanyaitu tahapan persiapan. Pada teori wallas terdapat 4 tahapan, sedangkan pada tahapan ke empat yaitu iluminasi,ketiga kategori belum mampu menyelesaikan sampai tahapan ini. Berdasarkan hasil analisis ketiga kategori kurangteliti dalam mencermati perintah yang ada pada soal, Dimana perintah pada soal diminta untuk menuliskanjawaban lebih dari satu, sedangkan ketoga kategori hanya menuliskan satu jawaban, sehingga ketiga kategoribelum memenuhi tahapan iluminasi.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

edupedia

Publisher

Subject

Education

Description

Jurnal Mahasiswa dengan ruang lingkup pendidikan dan pengajaran ISSN Cetak 2614-1434 ISSN Online 2614-4409 ...