Permasalahan dalam penelitian ini rendahnya motivasi, aktivitas dan hasil perkembangan kognitif anak dalam mencocokkan bilangan dengan lambang bilangan. Sebagai solusi, digunkan model Pelikan yang terinspirasi dari cara burung pelikan mengajarkan anaknya terbang secara bertahap. Model ini mengajak anak belajar secara bertahap dengan bimbingan guru, melalui pemecahan masalah nyata, penjelasan yang jelas, serta bantuan media gambar yang menarik. Tujuan penelitian ini untuk mendeskripsikan aktivitas guru serta menganalisis motivasi, aktivitas anak, dan hasil perkembangan kognitif anak mencocokkan biangan dengan lambang bilangan. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan menggunakan jenis penelitian penelitian tindakan kelas (PTK) dengan 4 pertemuan, Subjek penelitian adalah 15 anak kelompok B1 di TK Adhyaksa XIV Banjarmasin. Teknik pengumpulan data yaitu observasi dengan instrumen berupa lembar observasi aktivitas guru, motivasi belajar, aktivitas anak dan perkembangan kognitif anak. Analisis data dilakukan secara deskriptif dengan bantuan tabel dan grafik. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pada pertemuan 4 aktivitas guru telah mencapai kategori “Sangat Baik”, motivasi belajar anak secara klasikal mencapai kategori “Seluruh Anak Termotivasi”, aktivitas anak secara klasikal mencapai kategori “Seluruh Anak Aktif”, dan perkembangan kognitif anak secara klasikal mencapai kategori BSB dan BSH. Model Pelikan disarankan sebagai referensi penggunaan model pembelajaran yang efektif di PAUD.
Copyrights © 2025