Jurnal Masyarakat Madani Indonesia
Vol. 4 No. 3 (2025): Agustus

Peningkatan Kompetensi Guru SD Inpres 3 Tatura Melalui Pelatihan Google Classroom Sebagai Media Pembelajaran Daring

Alamsyah, Alamsyah (Unknown)
Sollu, Tan Suryani (Unknown)
Anggriani, Riri (Unknown)
Adrianton, Adrianton (Unknown)



Article Info

Publish Date
14 Aug 2025

Abstract

Perkembangan teknologi informasi dalam dunia pendidikan menuntut guru untuk mampu mengintegrasikan perangkat digital ke dalam proses pembelajaran, terutama dalam konteks pembelajaran daring. Namun, mitra kegiatan, yaitu guru-guru di Sekolah Dasar Inpres 3 tatura, mengalami kendala dalam pemanfaatan platform Google Classroom sebagai media pembelajaran. Permasalahan yang dihadapi meliputi rendahnya pemahaman terhadap fitur-fitur Google Classroom, kurangnya keterampilan teknis dalam mengelola kelas digital, serta keterbatasan pengalaman dalam menyusun materi ajar secara daring. Untuk mengatasi permasalahan tersebut, tim pelaksana mengusulkan program pelatihan Google Classroom secara bertahap dan praktis, dengan pendekatan partisipatif dan berbasis kebutuhan mitra. Tujuan kegiatan ini adalah meningkatkan kompetensi digital guru, khususnya dalam perencanaan, pelaksanaan, dan evaluasi pembelajaran melalui Google Classroom. Metode pelaksanaan kegiatan terdiri dari observasi awal, penyusunan modul pelatihan, pelaksanaan workshop secara langsung, sesi praktik mandiri, dan evaluasi pascapelatihan. Hasil kegiatan menunjukkan bahwa 90% peserta mengalami peningkatan signifikan dalam keterampilan menggunakan Google Classroom, baik dalam membuat kelas, mengelola tugas, maupun melakukan interaksi digital dengan siswa. Kesimpulannya, pelatihan ini efektif dalam meningkatkan kompetensi digital guru, serta memberikan kontribusi nyata dalam mendukung pembelajaran daring yang lebih efisien dan interaktif.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

JS

Publisher

Subject

Humanities Computer Science & IT Education Public Health Social Sciences

Description

Jurnal ini berfokus pada penelitian dan program keterlibatan akademisi-komunitas untuk memajukan teori, penelitian, dan praktik yang berguna bagi masyarakat. Selain mengenal semua istilah filosofis di lapangan, yaitu community engagement, development, empowerment, dan service, kami juga menyambut ...