Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis keterkaitan antara kompetensi pedagogik dan manajemen kelas dalam meningkatkan motivasi belajar siswa. Dengan menggunakan metode systematic literature review (SLR) berbasis PRISMA, penelitian ini menelaah literatur ilmiah dari Google Scholar (2020–2025). Hasil analisis menunjukkan bahwa kompetensi pedagogik yang tinggi serta pengelolaan kelas yang efektif berkontribusi signifikan dalam menciptakan lingkungan belajar yang kondusif dan meningkatkan keterlibatan siswa dalam proses pembelajaran. Kebaruan penelitian ini terletak pada integrasi komprehensif antara kompetensi pedagogik dan manajemen kelas dalam satu kajian sistematis. Implikasi penelitian ini menegaskan urgensi pelatihan berkelanjutan bagi guru serta kebijakan pendidikan yang mendukung inovasi dalam metode pembelajaran. Studi lanjutan disarankan untuk mengeksplorasi peran teknologi dalam meningkatkan efektivitas pengajaran dan literasi siswa. This study analyzes the relationship between pedagogical competence and classroom management in improving student learning motivation. Using the PRISMA-based systematic literature review (SLR) method, this study examines scientific literature from Google Scholar (2020–2025). The results of the analysis show that high pedagogical competence and effective classroom management contribute significantly to creating a conducive learning environment and increasing student engagement in the learning process. The novelty of this study lies in the comprehensive integration of pedagogical competence and classroom management in one systematic study. The implications of this study emphasize the urgency of ongoing training for teachers and educational policies that support innovation in learning methods. Further studies are recommended to explore the role of technology in improving teaching effectiveness and student literacy
                        
                        
                        
                        
                            
                                Copyrights © 2025