Jurnal Family Education
Vol. 5 No. 3 (2025): Jurnal Family Education

Hubungan Antara Keterampilan Kerja Dengan Kesiapan Kerja Peserta Pelatihan Komputer Di LKP Bougenville Kecamatan Lubuk Basung Kabupaten Agam

Annora, Sophia Paramita (Unknown)
Aini, Wirdatul (Unknown)



Article Info

Publish Date
20 Aug 2025

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya kesiapan kerja peserta pelatihan komputer di LKP Bougenville, hal ini diduga dipengaruhi keterampilan kerja peserta pelatihan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui gambaran: keterampilan kerja peserta pelatihan komputer di LKP Bougenville, kesiapan kerja peserta pelatihan komputer di LKP Bougenville dan hubungan keterampilan kerja dengan kesiapan kerja peserta pelatihan komputer di LKP Bougenville Kecamatan Lubuk Basung Kabupaten Agam. Penelitian dilakukan secara pendekatan kuantitatif dengan jenis korelasional. Populasi penelitian yaitu peserta yang mengikuti pelatihan komputer yang berjumlah 35 orang. Sementara sampel penelitian diambil dengan teknik cluster random sampling yaitu 25 orang. Instrumen penelitian dalam pengumpulan data menggunakan angket. Teknik analisis data menggunakan rumus persentase dan rank order. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) keterampilan kerja peserta pelatihan komputer di LKP Bougenville dikategorikan rendah; (2) kesiapan kerja peserta pelatihan komputer di LKP Bougenville dikategorikan rendah; dan (3) Terdapat hubungan yang signifikan antara keterampilan kerja dengan kesiapan kerja peserta pelatihan komputer di LKP Bougenville Kecamatan Lubuk Basung Kabupaten Agam. Oleh karena itu, disarankan bagi pihak pengelola dengan penelitian ini diharapkan akan menjadi referensi dan masukan dalam meningkatkan kualitas suatu lembaga pelatihan khusus pada LKP Bougenville Kecamatan Lubuk Basung Kabupaten Agam.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

jfe

Publisher

Subject

Education Languange, Linguistic, Communication & Media Mathematics Social Sciences Other

Description

Jurnal Family Education is an open access, peer-reviewed, scientific journal published by Universitas Negeri Padang . ISSN: 2808-9669 (Electronic)This journal publish (February, May, Agust, November). The main focuses of this journal are the Administration of Education, Guidance and Counseling, ...