Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh kualitas pelayanan dan kepemimpinan kepala desa terhadap kepuasan masyarakat melalui partisipasi masyarakat di Desa Erelembang, Kabupaten Gowa. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif. Populasi penelitian mencakup seluruh masyarakat Desa Erelembang sebanyak 1.247 orang, dengan sampel berjumlah 207 responden. Data dikumpulkan melalui kuesioner dengan skala Likert, serta dilakukan uji validitas, reliabilitas, dan pengujian hipotesis menggunakan perangkat lunak SmartPLS 3.0.Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) kualitas pelayanan berpengaruh positif namun tidak signifikan terhadap partisipasi masyarakat; (2) kepemimpinan kepala desa berpengaruh positif dan signifikan terhadap partisipasi masyarakat; (3) kualitas pelayanan berpengaruh positif namun tidak signifikan terhadap kepuasan masyarakat; (4) kepemimpinan kepala desa berpengaruh positif dan signifikan terhadap kepuasan masyarakat; (5) partisipasi masyarakat berpengaruh signifikan terhadap kepuasan masyarakat. Selanjutnya, kualitas pelayanan tidak berpengaruh signifikan terhadap kepuasan masyarakat melalui partisipasi masyarakat, sedangkan kepemimpinan kepala desa berpengaruh signifikan terhadap kepuasan masyarakat melalui partisipasi masyarakat.Kata Kunci: Kualitas Pelayanan, Kepemimpinan Kepala Desa, Partisipasi Masyarakat, Kepuasan Masyarakat
                        
                        
                        
                        
                            
                                Copyrights © 2025