Islamic Management: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam
Vol. 8 No. 02 (2025): Islamic Management: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam (Article On Progress)

STUDI DESKRIPTIF MANAJEMEN LAYANAN KONSELING TEMAN SEBAYA UNTUK MENINGKATKAN KEDISIPLINAN SISWA

Suhaenih, Henhen (Unknown)
Hanafiah, Hanafiah (Unknown)



Article Info

Publish Date
11 Aug 2025

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan dan menganalisis manajemen layanan konseling teman sebaya dalam upaya meningkatkan kedisiplinan siswa di lingkungan SMAN 18 Bandung dan SMAN 6 Bandung. Layanan konseling teman sebaya merupakan pendekatan partisipatif di mana siswa dilatih untuk menjadi konselor sebaya dan membantu teman-temannya dalam menghadapi permasalahan yang berkaitan dengan perilaku disiplin. Metode penelitian yang digunakan adalah kualitatif dengan pendekatan studi kasus. Subjek penelitian terdiri atas guru bimbingan dan konseling, siswa sebagai konselor sebaya, dan siswa yang menerima layanan. Data dikumpulkan melalui wawancara, observasi, dan dokumentasi, kemudian dianalisis secara deskriptif kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa manajemen layanan konseling teman sebaya yang dilakukan melalui perencanaan, pelaksanaan, pengorganisasian dan evaluasi yang sistematis mampu meningkatkan kesadaran dan tanggung jawab siswa terhadap aturan sekolah. Layanan ini juga menciptakan lingkungan sosial yang lebih suportif dan komunikatif antar siswa. Dengan demikian, manajemen konseling teman sebaya terbukti efektif dalam mendukung pembentukan kedisiplinan siswa secara berkelanjutan.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

jim

Publisher

Subject

Education

Description

Islamic Management: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam adalah jurnal berkala ilmiah yang diterbitkan oleh Prodi Manajemen Pendidikan Islam (MPI) Jurusan Tarbiyah STAI Al Hidayah Bogor. Jurnal ini mengkhususkan diri pada pengkajian ilmu manajemen pendidikan Islam. Pengelola menyambut baik kontribusi ...