Insan Cendekia: Jurnal Pendidikan
Vol. 5 No. 2 (2024): Oktober

Analisis Peran Supervisi Pendidikan Dalam Meningkatkan Profesionalitas Guru

Maulana, Olan (Unknown)



Article Info

Publish Date
13 Oct 2024

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis peran supervisi pendidikan dalam meningkatkan profesionalitas guru sebagai upaya untuk meningkatkan kualitas pendidikan. Supervisi pendidikan merupakan proses pembinaan yang dilakukan secara terencana, bertujuan untuk memberikan bimbingan, arahan, dan evaluasi terhadap kinerja guru dalam melaksanakan tugas mengajar. Melalui supervisi, guru diharapkan dapat mengembangkan kompetensi profesionalnya, termasuk keterampilan mengelola kelas, menguasai metode pembelajaran yang efektif, dan mengevaluasi hasil belajar siswa secara objektif. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan pendekatan studi literatur. Pengumpulan data dilakukan melalui pengumbulan sumber-sumber berupa artikel dan buku. Hasil penelitian menunjukkan bahwa supervisi pendidikan berperan signifikan dalam meningkatkan profesionalitas guru, terutama dalam hal penerapan strategi pembelajaran yang inovatif dan pengembangan sikap reflektif terhadap kinerja mereka. Supervisi yang efektif juga membangun motivasi dan komitmen guru untuk terus meningkatkan kualitas pengajaran. Temuan penelitian ini memberikan implikasi bahwa supervisi yang berkesinambungan dan terstruktur perlu diterapkan secara luas untuk mendukung peningkatan profesionalitas guru dan kualitas pendidikan secara keseluruhan.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

jic

Publisher

Subject

Education Languange, Linguistic, Communication & Media Mathematics Social Sciences Other

Description

Insan Cendekia: Jurnal Pendidikan (JIC) adalah jurnal terbitan CV. Tripe Konsultan bekerja sama dengan Kelompok Kerja Guru (KKG) guru kelas Kec. Wanareja yang diterbitkan pertama kali pada tahun 2020. Jurnal Insan Cendekia menerima manuskrip baik dari artikel asli maupun literature review. Jurnal ...