Pembelajaran dalam dunia pendidikan merupakan suatu proses interaksi dan koneksi antara pendidik dan peserta didik dengan menjadikan kurikulum sebagai acuan. Kurikulum di Indonesia telah mengalami banyak pengembangan serta melahirkan berbagai model pembelajaran, salah satunya model problem based learning (PBL). Perkembangan ilmu teknologi informasi dan komunikasi telah merambah ke segala ranah kehidupan, tak terkecuali ranah pendidikan. Penggunaan media video animasi yang dipadukan dengan model PBL dapat menjadi inovasi dalam pembelajaran untuk meningkatkan hasil belajar peserta didik. Tujuan penelitian ini adalah mengetahui keefektifan model PBL berbantu video terhadap animasi hasil belajar peserta didik kelas IV SDN Candi 1 Semarang. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif, desain penelitian pra-eksperimental dengan jenis one-group pretest-posttest . Menggunakan teknik cluster sampling dengan jumlah 19 peserta didik di kelas IV B. Berdasarkan hasil uji ketuntasan belajar peserta didik, terdapat 10 siswa yang berhasil tuntas dan 9 lainnya memperoleh nilai kurang dari kriteria ketuntasan minimal yaitu 70. Setelah dilakukan uji N-Gain diperoleh skor 0,1633 atau 16,33% yang artinya penerapan model pembelajaran tersebut dianggap tidak efektif.
Copyrights © 2025