Jurnal Wawasan Pendidikan
Vol 5, No 2 (2025): Agustus 2025

PENINGKATAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA MELALUI PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING BERBANTUAN MEDIA WORDWALL PADA SISWA KELAS V SDN 2 TUKMUDAL

Julianti, Eniza (Unknown)
Aszari, Erina (Unknown)
Fikriyah, Fikriyah (Unknown)
Amelia, Rizki (Unknown)



Article Info

Publish Date
16 Aug 2025

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran matematika melalui penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning (PBL) berbantuan media wordwall. Bentuk penelitian yang dilakukan merupakan penelitian tindakan kelas (PTK) yang terdiri dari dua siklus. Subjek penelitian adalah siswa kelas VA SDN 2 Tukmudal. Instrumen penelitian berupa lembar tes. Teknik analisis data yang digunakan berupa analisis menggunakan rata-rata kelas dan presentase ketuntasan belajar klasikal. Hasil penelitian menunjukkan bahwa adanya peningkatan hasil belajar matematika siswa setelah penerapan model Problem Based Learning (PBL) berbantuan media Wordwall. Hal ini terlihat dari rata-rata hasil belajar siswa pada mata pelajaran matematika pada siklus I sebesar 67,4 dengan ketuntasan belajar 44% meningkat pada siklus II sebesar 84,4 dengan ketuntasan belajar 92%. Kesimpulan yang diperoleh dari hasil penelitian adalah penerapan model Problem Based Learning (PBL) berbantuan media wordwall dapat meningkatkan hasil belajar matematika siswa kelas VA SDN 2 Tukmudal tahun ajaran 2024/2025 khususnya pada materi Data.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

wp

Publisher

Subject

Education Other

Description

Jurnal Wawasan Pendidikan diterbitkan oleh Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Fakultas Ilmu Pendidikan. Terbit dua kali setahun pada bulan Februari dan Agustus dengan fokus jurnal pada pembelajaran dan pendidikan di jenjang pendidikan anak usia dini, pendidikan dasar, pendidikan menengah, ...