Jurnal Wawasan Pendidikan
Vol 5, No 2 (2025): Agustus 2025

ANALISIS KESULITAN SISWA DALAM MENENTUKAN IDE POKOK DAN KALIMAT UTAMA PARAGRAF PADA MATA PELAJARAN BAHASA INDONESIA DI KELAS V SDN NGADIRGO 01

Pramesti, Pudyaningtyas Ayu (Unknown)
Sundari, Riris Setyo (Unknown)
Nuvitalia, Duwi (Unknown)



Article Info

Publish Date
16 Aug 2025

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis kesulitan siswa dalam menentukan ide pokok dan kalimat utama pada mata pelajaran Bahasa Indonesia serta mengidentifikasi faktor-faktor yang memengaruhinya di kelas V SD N Ngadirgo 01. Penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian kualitatif dengan menggunakan metode deskriptif kualitatif. Pengumpulan data dilakukan menggunakan data observasi, wawancara, angket, LKPD, dan dokumentasi. Data yang diambil dan dikumpulkan bersumber dari guru kelas dan siswa kelas V. Pemeriksaan keabsahan data yang digunakan yaitu dengan meningkatkan ketekunan dan triangulasi. Berdasarkan penelitian yang telah dilakukan hasil yang diperoleh menunjukkan bahwa siswa kesulitan membedakan kalimat utama dengan kalimat penjelas, kesulitan membedakan ide pokok dengan kalimat utama, kesulitan dalam menentukan jenis paragraf berdasarkan letak kalimat utama, kesulitan dalam memahami isi paragraf, dan kurang teliti. Faktor yang memengaruhi kesulitan menentukan ide pokok dan kalimat utama paragraf terdiri dari faktor internal dan eksternal. Faktor internal meliputi tingkat kecerdasan, gangguan kesehatan, dan minat belajar siswa. Sedangkan faktor eksternal meliputi penggunaan metode pembelajaran, penggunaan media pembelajaran, teman sebangku, penggunaan gawai, dan lingkungan keluarga.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

wp

Publisher

Subject

Education Other

Description

Jurnal Wawasan Pendidikan diterbitkan oleh Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Fakultas Ilmu Pendidikan. Terbit dua kali setahun pada bulan Februari dan Agustus dengan fokus jurnal pada pembelajaran dan pendidikan di jenjang pendidikan anak usia dini, pendidikan dasar, pendidikan menengah, ...