Jurnal Wawasan Pendidikan
Vol 5, No 2 (2025): Agustus 2025

KEEFEKTIFAN MODEL PEMBELAJARAN NUMBERED HEAD TOGETHER BERBANTU MEDIA FLASH CARD TERHADAP HASIL BELAJAR PENDIDIKAN PANCASILA SISWA KELAS V SD MUHAMMADIYAH 17 SEMARANG

Khasanah, Wahyu Rizka Uswatun (Unknown)
Yosohartono, Aloysius Yohanes Soegeng (Unknown)
Artharina, Fillia Prima (Unknown)



Article Info

Publish Date
16 Aug 2025

Abstract

Penelitian bertujuan untuk mengetahui keefektifan model pembelajaran numbered head together berbantu media flash card terhadap hasil belajar Pendidikan Pancasila  siswa kelas V SD Muhammadiyah 17 Semarang. jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan populasi seluruh siswa kelas V SD Muhammadiyah 17 Semarang. Desain penelitian ini adalah metode one group pretest-posttest design. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu wawancara, tes, dan dokumentasi. Berdasarkan analisis data diperoleh rata-rata pretest adalah 45, 23 dan rata-rata posttest adalah 83,18. Hasil uji hipotesis dengan uji-t diperoleh sebesar 21,551  dan 1,721   dengan df = N-1=21 dan taraf signifikan 0,05 sebesar 1, 721dan taraf signifikan 5%. Karena nilai yaitu 21,551 1,721  maka ditolak dan diterima. Hal ini terdapat perbedaan hasil belajar antara sebelum diberikan perlakuan dan setelah mendapat perlakuan berupa model pembelajaran numbered head together berbantu media flash card terhadap hasil belajar Pendidikan Pancasila siswa kelas V SD Muhammadiyah.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

wp

Publisher

Subject

Education Other

Description

Jurnal Wawasan Pendidikan diterbitkan oleh Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Fakultas Ilmu Pendidikan. Terbit dua kali setahun pada bulan Februari dan Agustus dengan fokus jurnal pada pembelajaran dan pendidikan di jenjang pendidikan anak usia dini, pendidikan dasar, pendidikan menengah, ...