Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji dan merangkum berbagai strategi pembelajaran yang diterapkan oleh guru dalam mendampingi siswa slow learner di sekolah dasar inklusif. Pendekatan yang digunakan adalah Systematic Literature Review (SLR) dengan mengumpulkan data sekunder dari artikel ilmiah yang dipublikasikan dalam rentang tahun 2021 hingga 2025. Artikel diperoleh melalui Google Scholar, SINTA, dan GARUDA. Dari 105 artikel yang ditemukan, 20 artikel yang relevan dianalisis secara mendalam. Hasil kajian menunjukkan bahwa strategi pembelajaran efektif bagi siswa slow learner meliputi pendekatan individual, pembelajaran remedial, penggunaan media visual dan konkret, pengulangan materi, serta penyampaian materi secara bertahap dan sederhana. Model pembelajaran seperti cooperative learning, multiple intelligence, serta teknik mnemonic dan metode kreatif seperti Ligapo dan Reading Guide terbukti meningkatkan pemahaman, daya ingat, dan motivasi belajar siswa. Selain itu, dukungan guru pendamping, pengelolaan kelas yang adaptif, serta keterlibatan orang tua dan kolaborasi dengan konselor berperan penting dalam menciptakan proses belajar yang inklusif dan efektif. Kajian ini memberikan rekomendasi penting bagi pendidik dan pemangku kebijakan dalam merancang strategi pembelajaran yang ramah dan adaptif bagi siswa slow learner.
Copyrights © 2025