Jurnal Manajemen dan Bisnis Baja (JUMANIS BAJA)
Vol. 7 No. 2 (2025): JUMANIS - BAJA Jurnal Manajemen dan Bisnis Banten Jaya Prodi Kewirausahaan Faku

PENGARUH LINGKUNGAN BELAJAR DAN KUALITAS PENGAJAR TERHADAP KEBERHASILAN SISWA DI BIMBA AIUEO KETEWEL

Tabita, I Dewa Ayu Tita Permata (Unknown)
Pujonogoro, Priyanka Devi (Unknown)



Article Info

Publish Date
25 Aug 2025

Abstract

Keberhasilan siswa dalam perjalanan pendidikan tidak hanya terikat suatu upaya individu, namun juga terkena dampak oleh berbagai faktor eksternal, termasuk lingkungan belajar, kualitas pengajar. Lingkungan belajar dilembaga harus mendukung kenyamanan siswa untuk belajar, baik melalui suasana ruang kelas yang kondusif maupun hubungan sosial antara siswa dan pengajar. Lingkungan yang nyaman dan harmonis dapat meningkatkan semangat belajar siswa. Kualitas pengajar dilembaga juga menjadi penentu utama dalam proses belajar mengajar. Tujuan dari penelitian yaitu Menganalisis pengaruh lingkungan belajar dilembaga les terhadap keberhasilan siswa.Untuk memahami pengaruh kualitas pelayanan belajar kepada kesenangan siswa di BIMBA AIUEO unit Ketewel secara parsial.Untuk memahami apakah ketersediaan sarana belajar di BIMBA AIUEO sudah memadai dan nyaman bagi siswa.Untuk mengetahui pengaruh bimbingan belajar terhadap siswa di BIMBA AIUEO Unit Ketewel. Penelitian memanfaatkan data primer yang dimana melakukan penyebaran kuesioner terhadap 45 responden sebagai sampel penelitian. Teknik analisis yang dipakai yaitu regresi linier berganda. Menurut hasil analisis, yang didapatkan pada  variabel lingkungan belajar (X1) dan kualitas pengajar (X2) dengan bersama-sama berpengaruh signifikan terhadap keberhasilan siswa (Y), sebagaimana dibuktikan melalui hasil uji F dengan mempertimbangkan tingkat signifikansi yang relevan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa kualitas pengajar merupakan faktor krusial dalam menunjang keberhasilan belajar siswa. Pengajar yang memiliki kompetensi tinggi mampu menciptakan lingkungan pembelajaran yang efektif dan kondusif, sehingga metode belajar mengajar berlangsung secara optimal dengan berdampak positif terhadap pencapaian hasil belajar siswa.

Copyrights © 2025