Arus Jurnal Sosial dan Humaniora
Vol 5 No 2: Agustus (2025)

Strategi Bauran Pemasaran (Marketing Mix 4P) dalam Prespektif Ekonomi Syariah

Bahri, Syaeful (Unknown)
Rosandy, Adrian Bayu (Unknown)



Article Info

Publish Date
09 Aug 2025

Abstract

Bauran pemasaran (marketing mix) merupakan salah satu konsep penting dalam strategi pemasaran untuk menciptakan nilai tambah dan daya saing bagi suatu produk atau jasa. Dalam konteks ekonomi syariah, implementasi bauran pemasaran harus sesuai dengan prinsip-prinsip syariah, seperti keadilan, transparansi, dan larangan terhadap unsur riba, gharar, serta maysir. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis penerapan elemen-elemen bauran pemasaran produk, harga, tempat, dan promosi (4P) dalam bisnis berbasis syariah, serta mengkaji tantangan dan peluang dalam pengembangannya. Metodologi yang digunakan adalah pendekatan kualitatif dengan analisis studi kasus pada perusahaan syariah di sektor tertentu. Hasil penelitian menunjukkan bahwa inovasi produk halal, penentuan harga yang adil, distribusi yang efektif, dan promosi yang etis dapat meningkatkan kepercayaan konsumen sekaligus memberikan dampak positif terhadap keberlanjutan bisnis. Penelitian ini diharapkan dapat memberikan kontribusi terhadap pengembangan literatur bauran pemasaran dalam ekonomi syariah dan menjadi acuan bagi pelaku bisnis dalam menyusun strategi pemasaran yang sesuai dengan prinsip-prinsip Islam.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

ajsh

Publisher

Subject

Religion Humanities Economics, Econometrics & Finance Languange, Linguistic, Communication & Media Law, Crime, Criminology & Criminal Justice Social Sciences

Description

Arus Jurnal Sosial dan Humaniora (AJSH) menerbitkan karya hasil penelitian dan kajian ilmiah pada ruang lingkup ilmu sosial dan ilmu humaniora diantaranya: antropologi, kajian bisnis, kajian komunikasi, tata kelola perusahaan, kriminologi, kajian lintas budaya, demografi, kajian ekonomi pembangunan, ...