Arus Jurnal Sosial dan Humaniora
Vol 5 No 2: Agustus (2025)

Mediasi Kepuasan Kerja dalam Pengaruh Servant Leadership dan Retensi terhadap Kinerja Karyawan Wedding Organizer

Baithar, Nurul Azizah (Unknown)
Mappamiring (Unknown)
Fajriah, Yana (Unknown)



Article Info

Publish Date
09 Aug 2025

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi trend positif industry kreatif wedding organizer semakin berkembang disebabkan meningkatnya kebutuhan Masyarakat akan pelayanan pernikahan yang profesional. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui pengaruhnya servant leadership dan retensi terhadap kinerja karyawan wedding organizer melalui kepuasan sosial. Pendekatan penelitian kuantitatif digunakan untuk merumuskan dan menganalisa masalah. Populasi penelitian ini terdiri dari seluruh karyawan yang bekerja pada wedding organizer di Kota Makassar. Penentuan sampel menggunakan data sensus (sampel jenuh) yaitu total karyawan sebanyak 179 yang bekerja pada 15 perusahaan wedding organizer dijadikan responden. Kuesioner yang disebar lalu dijadikan sebagai data penelitian untuk dianalisis structural equation model dengan software smart-PLS 4.0.  Hasil penelitian menunjukkan bahwa pengaruh langsung variabel servant leadership (4.613>1.653) dan kepuasan kerja (4.233>1.653) berpengaruh signifikan terhadap kinerja karyawan. Variable servant leadership (3.836>1.653) dan Retensi (2.946>1.653) berpengaruh signifikan terhadap kepuasan kerja, sedangkan variable retensi tidak berpengaruh terhadap kinerja karyawan (0.089<1.653). Hasil penelitian pengaruh tidak langsung variable servant leadership (2.830>1.653) dan retensi (2.379>1.653) berpengaruh signifikan terhadap kinerja karyawan yang dimediasi kepuasan kerja.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

ajsh

Publisher

Subject

Religion Humanities Economics, Econometrics & Finance Languange, Linguistic, Communication & Media Law, Crime, Criminology & Criminal Justice Social Sciences

Description

Arus Jurnal Sosial dan Humaniora (AJSH) menerbitkan karya hasil penelitian dan kajian ilmiah pada ruang lingkup ilmu sosial dan ilmu humaniora diantaranya: antropologi, kajian bisnis, kajian komunikasi, tata kelola perusahaan, kriminologi, kajian lintas budaya, demografi, kajian ekonomi pembangunan, ...