Arus Jurnal Sosial dan Humaniora
Vol 5 No 2: Agustus (2025)

Strategi Penguatan Kapasitas Sekolah Dasar dalam Mitigasi Bencana Gempa Berbasis In-Service Learning dan On-The-Job Learning di Kota Banda Aceh

Fadhillah (Unknown)
Hasanah, Ida (Unknown)
Sunarty, Risma (Unknown)
Herliana (Unknown)



Article Info

Publish Date
14 Aug 2025

Abstract

Penelitian ini mengkaji efektivitas strategi penguatan kapasitas Sekolah Dasar dalam mitigasi bencana gempa di Kota Banda Aceh melalui pendekatan In-Service Learning dan On-The-Job Learning berbasis Kurikulum Merdeka. Tiga tahapan utama dilaksanakan, yaitu In-Service Learning 1 (IN1), On-The-Job Learning (OJL), dan In-Service Learning 2 (IN2). Pada tahap IN1, pelatihan intensif berhasil meningkatkan pemahaman guru dan pengembangan perangkat pembelajaran yang mengintegrasikan prinsip sekolah aman bencana. Tahap OJL menandai implementasi langsung strategi mitigasi di sekolah, termasuk pelaksanaan simulasi evakuasi dan sosialisasi kesiapsiagaan, serta pembentukan Tim Pengembang Sekolah (TPS) Kebencanaan yang memperkokoh kesiapsiagaan. Evaluasi komprehensif tahap IN2 dengan Model Kirkpatrick menunjukkan peningkatan signifikan pada tingkat reaksi, pembelajaran, perubahan perilaku guru, serta hasil nyata kesiapsiagaan sekolah. Hasil ini membuktikan bahwa pelatihan berkelanjutan yang sistematis dan partisipatif efektif memperkuat kesiapsiagaan bencana berkelanjutan, mendukung integrasi Kurikulum Merdeka dan pengembangan karakter siswa di wilayah rawan gempa seperti Banda Aceh.Kata kunci: Hasil Belajar Matematika, Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Scramble dengan pendekatan Contextual Teaching and Learning (CTL).

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

ajsh

Publisher

Subject

Religion Humanities Economics, Econometrics & Finance Languange, Linguistic, Communication & Media Law, Crime, Criminology & Criminal Justice Social Sciences

Description

Arus Jurnal Sosial dan Humaniora (AJSH) menerbitkan karya hasil penelitian dan kajian ilmiah pada ruang lingkup ilmu sosial dan ilmu humaniora diantaranya: antropologi, kajian bisnis, kajian komunikasi, tata kelola perusahaan, kriminologi, kajian lintas budaya, demografi, kajian ekonomi pembangunan, ...