Jurnal Jendela Pendidikan
Vol. 5 No. 03 (2025): Jurnal Jendela Pendidikan: Edisi Agustus 2025

Peningkatan Hasil Belajar Matematika pada Materi Pecahan melalui Media Spinner Pecahan di Kelas IV SDN Pegambiran 2

Ekgiyoga, Theresia Ok'twoka (Unknown)
Afendi, Arief Hidayat (Unknown)
Rizal, Fahrur (Unknown)
Hidayat, Slamet (Unknown)



Article Info

Publish Date
10 Aug 2025

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar peserta didik pada materi pecahan melalui penggunaan media Spinner Pecahan di kelas IV SDN Pegambiran 2. Metode penelitian yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) model spiral dari Kemmis dan McTaggart yang dilakukan dalam dua siklus. Subjek penelitian adalah 25 siswa kelas IV. Teknik pengumpulan data menggunakan tes hasil belajar. Hasil penelitian menunjukkan peningkatan hasil belajar dari rata-rata 70,52 pada siklus I menjadi 88,00 pada siklus II. Persentase ketuntasan belajar meningkat dari 76% pada siklus I menjadi 100% pada siklus II. Peningkatan ini menunjukkan adanya perbaikan yang signifikan dalam pemahaman siswa terhadap konsep pecahan setelah diterapkannya media pembelajaran yang interaktif. Media Spinner Pecahan juga terbukti mampu meningkatkan keterlibatan dan motivasi belajar siswa selama proses pembelajaran berlangsung. Dengan demikian, penggunaan media spinner pecahan terbukti dapat meningkatkan hasil belajar matematika siswa pada materi pecahan serta menjadi alternatif strategi pembelajaran yang efektif dan menyenangkan di sekolah dasar.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

JJP

Publisher

Subject

Education Languange, Linguistic, Communication & Media Mathematics Other

Description

Jurnal Jendela Pendidikan merupakan jurnal ilmiah yang dikelola oleh CV. Jendela Edukasi Indonesia dan merupakan jurnal yang menerbitkan artikel-artikel penelitian di bidang pendidikan. Jurnal Jendela Pendidikan terbit 4 kali dalam satu tahun yaitu bulan Februari, Mei, Agustus, November. Kami ...