Jurnal Jendela Pendidikan
Vol. 5 No. 03 (2025): Jurnal Jendela Pendidikan: Edisi Agustus 2025

Optimalisasi Student Centered Learning melalui Penerapan Project Based Learning berbasis Peta Konsep untuk Meningkatkan Keterlibatan dan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa

Wati, Siti Irma (Unknown)
Sugesti, Ikariya (Unknown)



Article Info

Publish Date
10 Aug 2025

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengoptimalkan student centered learning melalui penerapan model Project Based Learning berbasis peta konsep guna meningkatkan keterlibatan dan kemampuan berpikir kritis siswa pada mata pelajaran IPAS kelas IV SDN Sunyaragi 1 Kota Cirebon. Penelitian menggunakan desain Penelitian Tindakan Kelas model Kemmis & McTaggart dalam dua siklus, dengan subjek 27 siswa. Data dikumpulkan melalui observasi keterlibatan siswa, tes berpikir kritis, serta dokumentasi produk peta konsep. Hasil penelitian menunjukkan peningkatan signifikan pada keterlibatan siswa dari 50% (pra-tindakan) menjadi 90% (siklus II). Kemampuan berpikir kritis juga meningkat, ditunjukkan oleh kenaikan skor rata-rata dari 63 menjadi 87. Penerapan Project Based Learning berbasis peta konsep terbukti efektif dalam meningkatkan keterlibatan dan kemampuan berpikir kritis siswa, serta mendukung implementasi pembelajaran berbasis student centered learning yang kontekstual dan bermakna.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

JJP

Publisher

Subject

Education Languange, Linguistic, Communication & Media Mathematics Other

Description

Jurnal Jendela Pendidikan merupakan jurnal ilmiah yang dikelola oleh CV. Jendela Edukasi Indonesia dan merupakan jurnal yang menerbitkan artikel-artikel penelitian di bidang pendidikan. Jurnal Jendela Pendidikan terbit 4 kali dalam satu tahun yaitu bulan Februari, Mei, Agustus, November. Kami ...