Jurnal Jendela Pendidikan
Vol. 5 No. 03 (2025): Jurnal Jendela Pendidikan: Edisi Agustus 2025

Pengaruh Penggunaan Avenza Maps Terhadap Minat Belajar Peserta Didik Kelas X SMA Negeri 2 Pontianak

Alwish, Alwish (Unknown)
Harjanti, Diah Trismi (Unknown)
Anasi, Putri Tipa (Unknown)



Article Info

Publish Date
10 Aug 2025

Abstract

Penelitian ini memiliki tujuan untuk mendeskripsikan pengaruh penggunaan avenza maps terhadap minat belajar peserta didik. Penelitian ini berfokus pada SMA Negeri 2 Pontianak kelas X yang memiliki sepuluh kelas dengan mengambil kelas sampel X Merdeka 2. Metode deskriptif di gunakan pada penelitian ini dengan melalui cara pengujian uji regresi linear sederhana. Adapun metode yang diterapkan oleh peneliti untuk mengumpulkan data adalah observasi serta angket. Hasil penelitian menunjukan bahwa penggunaan avenza maps pada dalam proses belajar geografi dikelas X Merdeka 2 SMA Negeri 2 Pontianak sebesar 76,30% termasuk dalam kategori “baik”. Untuk minat belajar peserta didik sebesar 76,66% termasuk dalam kategori “tinggi”. Berdasarkan temuan dari perhitungan statistik memakai teknik uji regresi linear sederhana untuk melihat pengaruh yang signifikan menunjukan nilai ƒ hitung sebesar 9,512 dengan signifikansi 0,004, yang berada di bawah ambang 0,05, menandakan bahwa Ha diterima dan Ho ditolak kebenarannya. Maka disimpulkan bahwa pengaruh yang terjadi bersifat signifikan dalam penggunaan avenza maps terhadap minat belajar peserta didik pada pembelajaran geografi kelas X Merdeka 2 SMA Negeri 2 Pontianak.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

JJP

Publisher

Subject

Education Languange, Linguistic, Communication & Media Mathematics Other

Description

Jurnal Jendela Pendidikan merupakan jurnal ilmiah yang dikelola oleh CV. Jendela Edukasi Indonesia dan merupakan jurnal yang menerbitkan artikel-artikel penelitian di bidang pendidikan. Jurnal Jendela Pendidikan terbit 4 kali dalam satu tahun yaitu bulan Februari, Mei, Agustus, November. Kami ...