Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis efektifitas perangkat pembelajaran konsep Turunan terhadap kemampuan Computational Thingking (CT) dan Problem Solving (PS) mahasiswa di prodi Pendidikan Matematika Universitas Bung Hatta. Perangkat yang dimaksud adalah modul pembelajaran berbasis SPACE (Simulation, Posing, Action, Communication, Evaluation). Metode penelitian ini menggunakan model Plomp dengan tiga tahapan, yaitu tahap preliminary research, tahap prototype, dan tahap asessment. Hasil analisis tahap preliminary research dibutuhkan perangkat pembelajaran konsep Turunan berbasis SPACE. Hasil tahap prototype diperoleh bahwa perangkat pembelajaran yang dibentuk berdasarkan teori-teori pendukung serta hasil analisis validitas produk diperoleh nilai V-Aiken tiap aspek berada pada kriteria valid. Hasil analisis uji praktikalitas berada pada kriteria praktis pada uji one to one dan uji small group. Perangkat pembelajaran memenuhi kriteria efektif melalui nilai efektifitas N-Gain. Berdasarkan hasil ini perangkat pembelajaran konsep Turunan layak digunakan untuk meningkatkan kemampuan CT dan PS.
Copyrights © 2025