Penelitian ini mengkaji efektivitas teknik penggabungan kalimat dalam meningkatkan kefasihan menulis dan efikasi diri mahasiswa dalam mata kuliah Menulis Dasar. Teknik penggabungan kalimat melibatkan integrasi dua atau lebih kalimat pendek dan terputus-putus menjadi kalimat yang lebih kompleks dan koheren, sehingga mendorong kematangan sintaksis dan kelancaran tulisan. Penelitian ini menggunakan desain kuasi-eksperimen yang melibatkan 10 mahasiswa tahun pertama program studi pendidikan bahasa Inggris. Kelompok eksperimen (5 mahasiswa) mendapatkan pembelajaran melalui tugas penggabungan kalimat, sedangkan kelompok kontrol (5 mahasiswa) diajar menggunakan metode penulisan konvensional berbasis latihan tata bahasa. Tes awal dan tes akhir digunakan untuk mengukur kefasihan menulis berdasarkan panjang kalimat, kompleksitas gramatikal, dan kohesi, sementara kuesioner efikasi diri digunakan untuk menilai tingkat kepercayaan diri mahasiswa dalam kemampuan menulis mereka. Hasil penelitian menunjukkan peningkatan yang signifikan pada kefasihan menulis dan skor efikasi diri kelompok eksperimen, yang mengindikasikan bahwa teknik penggabungan kalimat secara efektif dapat meningkatkan kinerja dan kepercayaan diri dalam menulis. Teknik ini direkomendasikan bagi pengampu mata kuliah Menulis Dasar sebagai strategi pembelajaran untuk mendukung pengembangan keterampilan menulis akademik sejak dini.
Copyrights © 2025