Jurnal Pendidikan Nusantara
Vol. 10 No. 1 (2025): Jurnal Pendidikan Nusantara ( Febuari- Agustus)

PERAN LEMBAGA PENJAMINAN MUTU (LPM) DALAM MENINGKATKAN KINERJA DOSEN DAN KUALITAS PEMBELAJARAN DI UNIVERSITAS AL WASHLIYAH DARUSSALAM BANDA ACEH

Rizqa Uswah (Unknown)
Faraisha Hizra (Unknown)
Maulana Zubir (Unknown)
Ulia Safitri (Unknown)
Melda Yulisa (Unknown)



Article Info

Publish Date
10 Aug 2025

Abstract

Lembaga Penjaminan Mutu (LPM) memiliki tupoksi dalam menjaga kualitas perguruan tinggi, Keberadaan LPM tidak hanya ditujukan untuk memenuhi standar akreditasi dan regulasi nasional, akan tetapi juga sebagai upaya internal institusi dalam meningkatkan kualitas layanan akademik. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis peran Lembaga Penjaminan Mutu (LPM) dalam meningkatkan kinerja dosen dan kualitas pembelajaran di Universitas Al Washliyah Darussalam Banda Aceh. Adapun metode penelitian dilakukan melalui pendekatan kualitatif deskriptif, di mana data dikumpulkan melalui wawancara mendalam (dept-interview) dengan pimpinan LPM, dosen, dan pimpinan akademik di lingkungan Universitas Al Washliyah Darussalam Banda Aceh, serta dilengkapi dengan observasi dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa lembaga Penjaminan Mutu (LPM) telah melaksanakan berbagai kegiatan strategis yaitu audit mutu internal, sosialisasi standar penjaminan mutu, dan pelatihan peningkatan kapasitas dosen. Di sisi lain, efektivitas peran tersebut masih terkendala oleh keterbatasan sumber daya manusia di LPM, rendahnya kesadaran mutu di kalangan dosen, serta lemahnya mekanisme tindak lanjut dari hasil evaluasi. Meskipun terdapat dukungan dari pimpinan institusi dan upaya integrasi nilai-nilai keislaman dalam sistem penjaminan mutu, budaya mutu yang berkelanjutan belum sepenuhnya terbentuk. Dengan demikian, optimalisasi peran LPM memerlukan penguatan kapasitas kelembagaan, pelatihan berkelanjutan, integrasi sistem reward-punishment, serta komitmen kebijakan yang konsisten. Penelitian ini menyimpulkan bahwa LPM memiliki potensi besar sebagai agen perubahan, diperlukan pendekatan holistik dan kontekstual agar dapat menjadi motor penggerak peningkatan kualitas akademik yang berkelanjutan di Universitas Al Washliyah Darussalam Banda Aceh.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

jpn

Publisher

Subject

Religion Arts Humanities Education

Description

Jurnal Pendidikan Nusantara merupakan wadah ilmiah yang memfokuskan diri pada publikasi naskah di bidang Ilmu Pendidikan dan Humaniora, termasuk Pendidikan Agama Islam. Pertama kali terbit pada bulan Februari 2016, jurnal ini telah mencapai 24 edisi hingga saat ini. Ruang lingkupnya meliputi hasil ...