Penelitian ini mengkaji kemampuan siswa kelas X SMAN 5 Padang dalam menulis teks deskriptif dan faktor-faktor yang mempengaruhi kemampuan tersebut, khususnya minat membaca dan penguasaan kosakata. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif yang meliputi observasi, wawancara, dan analisis dokumen untuk memperoleh data yang komprehensif. Hasilnya menunjukkan perbedaan yang signifikan dalam kemampuan siswa dalam menulis teks deskriptif, dengan skor berkisar antara 25 hingga 100. Beberapa siswa menunjukkan pemahaman dan keterampilan menulis yang sangat baik, sementara yang lain mengalami kesulitan. Analisis lebih lanjut menunjukkan bahwa metode pengajaran langsung dapat meningkatkan keterampilan menulis siswa, namun diperlukan pendekatan yang lebih individual dan adaptif untuk mengakomodasi perbedaan kemampuan siswa. Faktor-faktor seperti kurangnya minat membaca, kurangnya kosakata, dan pengaruh teknologi juga mempengaruhi kemampuan menulis siswa
Copyrights © 2025