Pendidikan berperan penting dalam membentuk sumber daya manusia yang unggul. Namun, pembelajaran di sekolah masih banyak menggunakan metode ceramah yang kurang interaktif. Di SMA Negeri 1 Anjongan, antusiasme siswa terhadap pelajaran Informatika khususnya materi algoritma dan pemrograman terpantau rendah. Penelitian ini bertujuan mengembangkan media pembelajaran berbasis Android untuk meningkatkan efektivitas dan keterlibatan siswa. Menggunakan model Research and Development (R&D), proses pengembangan meliputi analisis, perancangan, implementasi, dan evaluasi. Aplikasi ini memuat materi, video, kuis interaktif, serta fitur capaian dan alur tujuan pembelajaran, dan dirancang agar dapat diakses lewat smartphone secara fleksibel. Hasilnya, media ini diharapkan layak pakai, sesuai kebutuhan siswa, dan mampu meningkatkan pemahaman serta motivasi belajar. Selain itu, aplikasi ini dapat menjadi alat bantu mengajar yang menarik bagi guru.Kata kunci: Algoritma, Siswa SMA, Android, Media Pembelajaran, Pemrograman
Copyrights © 2025