SCIENCE : Jurnal Inovasi Pendidikan Matematika dan IPA
Vol. 5 No. 3 (2025)

PENERAPAN PEMBELAJARAN BERDIFERENSIASI DENGAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA

Rizka, Rizka Salsabilah Putri (Unknown)
Sari, Diah Kartika (Unknown)
Martusyilia, Revy (Unknown)



Article Info

Publish Date
18 Aug 2025

Abstract

Low student learning outcomes are often caused by conventional teaching methods that fail to accommodate the diversity of individual needs in the classroom. This background is what prompted the research that focused on examining the effectiveness of the implementation of differentiated learning integrated with the Problem-Based Learning (PBL) model in improving learning outcomes in acid-base material. Using the Classroom Action Research (CAR) method implemented in two cycles, this study involved 38 students of grade XI.3 at SMA Negeri 1 Palembang in the even semester of 2024/2025. Each cycle included the stages of planning, action, observation, and reflection, with data collection through tests and observations to measure improvements in learning outcomes. The research findings showed a significant and sustainable improvement in learning outcomes. The percentage of student learning completion increased progressively from only 26.32% in the pre-cycle stage, to 52.63% in Cycle I, and reached 84.21% at the end of Cycle II. Thus, it can be concluded that the strategic combination of differentiated learning and the PBL model has proven effective in creating a more inclusive, active learning environment and is able to significantly improve student learning outcomes. ABSTRAKRendahnya hasil belajar siswa seringkali disebabkan oleh metode pengajaran konvensional yang gagal mengakomodasi keberagaman kebutuhan individu di dalam kelas. Latar belakang inilah yang mendorong dilakukannya penelitian yang berfokus untuk mengkaji efektivitas penerapan pembelajaran berdiferensiasi yang diintegrasikan dengan model Problem-Based Learning (PBL) dalam meningkatkan hasil belajar pada materi asam-basa. Menggunakan metode Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilaksanakan dalam dua siklus, penelitian ini melibatkan 38 siswa kelas XI.3 di SMA Negeri 1 Palembang pada semester genap 2024/2025. Setiap siklus mencakup tahapan perencanaan, tindakan, observasi, dan refleksi, dengan pengumpulan data melalui tes dan observasi untuk mengukur peningkatan hasil belajar. Temuan penelitian menunjukkan adanya peningkatan hasil belajar yang signifikan dan berkelanjutan. Persentase ketuntasan belajar siswa meningkat secara progresif dari hanya 26,32% pada tahap pra-siklus, menjadi 52,63% pada Siklus I, dan mencapai 84,21% pada akhir Siklus II. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa kombinasi strategis antara pembelajaran berdiferensiasi dan model PBL terbukti efektif untuk menciptakan lingkungan belajar yang lebih inklusif, aktif, dan mampu meningkatkan hasil belajar siswa secara nyata.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

science

Publisher

Subject

Education

Description

Jurnal ini berisi artikel hasil pemikiran dan penelitian yang ditulis oleh para guru, dosen, pakar, ilmuwan, praktisi, dan pengkaji dalam semua disiplin ilmu yang berkaitan dengan pendidikan matematika dan ...