SCIENCE : Jurnal Inovasi Pendidikan Matematika dan IPA
Vol. 5 No. 3 (2025)

ANALISIS TINGKAT KETERBACAAN MODUL AJAR FASE E KEANEKARAGAMAN HAYATI DI ZONA INTERTIDAL

Ardyati, Dyah Pramesthi Isyana (Unknown)
Aba, La (Unknown)
Sari, Safitri Indah (Unknown)
Yanti, Yanti (Unknown)



Article Info

Publish Date
18 Aug 2025

Abstract

This study aims to develop and evaluate the feasibility and readability of a biology teaching module with the theme of Biodiversity in the Intertidal Zone for Phase E (class X SMA/MA) which is contextually based and aligned with the Merdeka Curriculum. The background of this research is based on the lack of biology teaching materials that raise local environmental issues and are in accordance with the level of understanding of students. This research is a development research (R&D) using the 4-D model (define, design, develop, disseminate) with three main types of instruments: (1) content and construction validation sheet by experts, (2) readability questionnaire by students, and (3) material presentation and language comprehension questionnaire by biology teachers. Data were analyzed descriptively qualitatively and quantitatively using the Aiken V formula and the calculation of the average readability score. The validation results showed that the module had very high validity in 10 out of 11 indicators, with only one indicator in the high validity category, namely the visualization aspect. The average readability score of students was in the good category, especially on the indicators of content understanding and illustration assistance. Meanwhile, teachers stated that the language in the module was in accordance with the level of cognitive development of students, although there were notes on the need for deepening the material to strengthen conceptual understanding. Thus, this teaching module is declared feasible and relevant for use in learning biology, but requires improvement in the aspects of content depth, term selection, and assessment diversity to support optimal readability and independent learning. ABSTRAKPenelitian ini bertujuan untuk mengembangkan dan mengevaluasi kelayakan serta tingkat keterbacaan modul ajar biologi tentang Keanekaragaman Hayati di Zona Intertidal untuk Fase E (kelas X SMA/MA) yang berbasis kontekstual dan selaras dengan Kurikulum Merdeka. Latar belakang penelitian ini didasarkan pada minimnya bahan ajar biologi yang mengangkat isu lingkungan lokal dan sesuai dengan tingkat pemahaman peserta didik. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan (R&D) menggunakan model 4-D (define, design, develop, disseminate) dengan tiga jenis instrumen utama: (1) lembar validasi isi dan konstruksi oleh para ahli, (2) angket keterbacaan oleh peserta didik, dan (3) kuesioner penyajian materi dan pemahaman bahasa oleh guru biologi. Data dianalisis secara deskriptif kualitatif dan kuantitatif menggunakan rumus Aiken V dan perhitungan rerata skor keterbacaan. Hasil validasi menunjukkan bahwa modul memiliki validitas sangat tinggi pada 10 dari 11 indikator, dengan hanya satu indikator yang berada pada kategori validitas tinggi, yaitu aspek visualisasi. Rata-rata skor keterbacaan peserta didik berada dalam kategori baik, terutama pada indikator pemahaman isi dan bantuan ilustrasi. Sementara itu, guru menyatakan bahwa bahasa dalam modul sudah sesuai dengan tingkat perkembangan kognitif peserta didik, meskipun terdapat catatan perlunya pendalaman materi untuk memperkuat pemahaman konseptual. Dengan demikian, modul ajar ini dinyatakan layak dan relevan untuk digunakan dalam pembelajaran biologi, namun memerlukan perbaikan pada aspek kedalaman konten, pemilihan istilah, dan keberagaman asesmen guna mendukung keterbacaan dan pembelajaran mandiri secara optimal.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

science

Publisher

Subject

Education

Description

Jurnal ini berisi artikel hasil pemikiran dan penelitian yang ditulis oleh para guru, dosen, pakar, ilmuwan, praktisi, dan pengkaji dalam semua disiplin ilmu yang berkaitan dengan pendidikan matematika dan ...