SCIENCE : Jurnal Inovasi Pendidikan Matematika dan IPA
Vol. 5 No. 3 (2025)

ANALISIS HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK PADA MATERI IKATAN KIMIA FASE F SMA/MA

Putri, Yunella Eka (Unknown)
Yerimadesi, Yerimadesi (Unknown)



Article Info

Publish Date
27 Aug 2025

Abstract

This study aims to analyze student learning outcomes in chemical bonding material and analyze the factors that influence low student learning outcomes. The type of research conducted is descriptive research. The subjects of the study were students of phase F3 class XI SMAN 12 Padang in the semester July-December 2024. The sample determination was carried out using a purposive sampling technique. The instrument used was a two-tier diagnostic test of 15 questions. Data obtained from the analysis of student learning outcomes in chemical bonding material showed that 36.7% of students had not reached the KKTP where there were several learning objectives that had not been achieved by students, namely determining the process of forming single, double and triple bonds, then on the learning objective of distinguishing polar and non-polar covalent bonds, then on the learning objective of determining the formation of coordinate covalent bonds in several compounds. The causes of low student learning outcomes were caused by internal and external factors, but external factors were more dominant in causing low student learning outcomes. ABSTRAKPenelitian ini bertujuan untuk menganalisis hasil belajar peserta didik pada materi ikatan kimia dan menganalisis faktor-faktor yang mempengaruhi rendahnya hasil belajar peserta didik. Jenis penelitian yang dilakukan adalah penelitias deskriptif. Subjek penelitian yaitu peserta didik fase F3 kelas XI SMAN 12 Padang pada semester juli-desember 2024. Penentuan sampel dilakukan dengan teknik purposiv samplin. Instrumen yang digunakan tes diagnostik two-tier sebanyak 15 soal. Data yang didaptkan dari analisis hasil belajar peserta didik pada materi ikatan kimia didapatkan sebesar 36,7% peserta didik belum mencapai KKTP dimana terdapat beberapa tujuan pembelajaran yang belum dicapai oleh peserta didik yaitu menentukan proses terbentuknya ikatan tunggal, rangka dua dan rangkap tiga, selanjutnya pada tujuan pembelajaran membedakan ikatan kovalen polardan non polar, selanjutnya pada tujuan pembelajaran menentukan pembentukan ikatan kovalen koordinasi pada beberapa senyawa. Penyebab rendahnya hasil belajar peserta didik disebabkan oleh faktor internal dan eksternal, namun faktor eksternal lebih mendominasi dalam menyebabkan rendahnya hasil belajar peserta didik.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

science

Publisher

Subject

Education

Description

Jurnal ini berisi artikel hasil pemikiran dan penelitian yang ditulis oleh para guru, dosen, pakar, ilmuwan, praktisi, dan pengkaji dalam semua disiplin ilmu yang berkaitan dengan pendidikan matematika dan ...