Layanan airfreight merupakan salah satu unit usaha strategis PT. Combi Logistics Indonesia yang mengandalkan moda transportasi udara untuk memenuhi kebutuhan distribusi barang secara cepat, tepat, dan aman, baik di tingkat domestik maupun internasional. Namun, dalam pelaksanaannya, layanan ini menghadapi berbagai tantangan seperti persaingan industri yang ketat, dinamika harga, regulasi penerbangan, serta perubahan ekonomi global. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis strategi pelayanan yang diterapkan dalam layanan airfreight serta mengidentifikasi faktor-faktor yang mempengaruhi efektivitasnya. Penelitian dilaksanakan selama periode pengiriman logistik customer pada bulan April 2025. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan pendekatan deskriptif untuk menganalisis strategi PT Combi Logistics Indonesia Cabang Yogyakarta dalam melaksanakan prosedur administrasi dokumen dan proses layanan jasa airfreight. Analisis dilakukan terhadap prosedur administrasi dokumen, serta proses layanan jasa airfreight dimulai dari penerimaan barang kiriman, penerbitan dokumen hingga proses pemuatan ke atas pesawat. Data dikumpulkan melalui studi dokumentasi, wawancara, dan observasi terhadap prosedur administrasi dokumen serta proses penanganan logistik di bandar udara. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Proses pelayanan jasa airfreight di PT. Combi Logistics Indonesia Cabang Yogyakaarta dilaksanakan secara sistematis dan terstruktur dengan menjalankan prosedur operasional pelayanan ekspor melalui airfreight yang sesuai dengan prinsip manajemen strategi pelayanan jasa. Namun, pelaksanaannya masih menghadapi tantangan, terutama dalam hubungan dengan pelanggan dan maskapai, seperti keterbatasan informasi real-time dan jadwal yang tidak konsisten, dinamika kebijakan maskapai serta perubahan regulasi pemerintah turut memperumit perencanaan dan kesiapan operasional.
Copyrights © 2025