Wacadesain
Vol. 5 No. 2 (2024): Jurnal Wacadesain

KAJIAN VISUAL IKLAN POCARI SWEAT VERSI JKT48 “TENNIS” TAHUN 2014

Adityawan, Oki (Unknown)
Valentino, Dion Eko (Unknown)
Indriawan, Shendy (Unknown)



Article Info

Publish Date
30 Nov 2024

Abstract

Penelitian iklan ini yaitu menemukan makna dibalik tanda-tanda yang digunakan dengan menggunakan analisis semiotika dalam model Charles Sanders Pierce, dan menyingkap pesan yang disampaikan dalam iklan Pocari Sweat versi JKT48 “tennis” tahun 2014. Adapun metode yang digunakan dalam penelitian iklan adalah metodologi visual, metode kajian visual dengan teknik filling system dan metode semiotika. Terdapat beberapa faktor positif dalam iklan yaitu pemilihan gambar, konsep, layout dan background sangat jelas dan baik, sedangkan faktor negatifnya yaitu terdapat komunikasi yang disampaikan bersifat hyperbola. Metode penelitian yang digunakan adalah metode interpretatif dengan pendekatan kualitatif yang memfokuskan tanda dan teks sebagai objek kajiannya, sehingga hasil penelitian menunjukan bahwa temuan tanda dalam iklan Pocari Sweat versi JKT48 “tennis” tahun 2014 yaitu, tanda ikon, sosok perempuan, botol Pocari Sweat beserta logonya, tanda indeks, suasana langit yang cerah dan ekspresi perempuan yang tersenyum, tanda simbol, makna dari sebuah warna yang didominasi dengan warna biru dan putih. Pesan yang disampaikan terdapat pada iklan yaitu Go Sweat, Go Ion yang berarti suatu gaya hidup tentang kebiasaan berolahraga dan bergerak yang membuat tubuh menjadi segar dan semangat kembali.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

wacadesain

Publisher

Subject

Arts

Description

Jurnal Wacadesain Jurnal Wacadesain merupakan jurnal hasil penelitian ilmiah dibidang Seni dan Desain Komunikasi Visual. Dengan artikel yang belum dipublikasikan secara online atau versi cetak. Jurnal wacadesain memiliki versi online dan cetak dengan jadwal publikasi pada bulan Mei dan November ...