Issues in Mathematics Educations (IMED)
Vol. 9 No. 2 (2025): Volume 9 Nomor 2 Tahun 2025

Deskripsi Kemampuan Numerasi Berdasarkan Kemampuan Matematika Siswa Kelas VIII SMP

Usman Mulbar (Unknown)
Alfiah Salsabila (Unknown)
Nasrullah (Unknown)



Article Info

Publish Date
27 Aug 2025

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kemampuan numerasi berdasarkan kemampuan matematika siswa. Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Marioriawa yaitu sebanyak 6 siswa, yaitu 2 siswa dengan kategori kemampuan matematika tinggi, 2 siswa dengan kategori kemampuan matematika sedang, dan 2 siswa dengan kemampuan matematika rendah. Instrumen penelitian ini adalah tes kemampuan matematika, tes kemampuan numerasi, dan pedoman wawancara. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa siswa dengan kemampuan matematika tinggi dapat memenuhi dua dari tiga indikator numerasi yaitu menganalisis informasi yang ditampilkan dalam berbagai bentuk dan menggunakan angka dan simbol-simbol yang terkait dengan matematika dasar untuk memecahkan masalah praktis dalam berbagai macam konteks kehidupan sehari-hari. Siswa dengan kemampuan matematika sedang dapat memenuhi satu dari tiga indikator numerasi yaitu menganalisis informasi yang ditampilkan dalam berbagai bentuk. Siswa dengan kemampuan matematika rendah tidak dapat memenuhi ketiga indikator numerasi.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

IMED

Publisher

Subject

Education Mathematics

Description

Journal of IMED presents new ideas, developments, and innovations in mathematics education. It involves attempts to enhance teaching and learning mathematics in the classroom at all levels. It deals with educational articles from research, recent issues, and literature reviews. All paper related to ...