Penelitian ini merupakan studi kualitatif yang mengeksplor kesalahan konstruksi konsep dua mahasiswa akuntansi dengan identitas matematis positif. Penelitian dilaksanakan dari bulan Desember 2023 sampai Januari 2024 pada salah satu universitas di Sulawesi Selatan. Data dikumpulkan melalui pemberian tes (soal utama dan soal pelacak yang dirancang khusus untuk mengetahui kesalahan konstruksi konsep) dan wawancara semi terstruktur. Konstruksi konsep diteliti menggunakan kerangka APOS dan mempertimbangkan beberapa kesalahan konstruksi konsep yang mungkin terjadi seperti lubang konstruksi, pseudo construction, mis-logical construction, dan mis-analogical construction. Data dianalisis dengan menggunakan tiga tahapan yaitu kondensasi data, penyajian data, dan pengambilan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa bentuk kesalahan konstruksi yang dialami oleh mahasiswa dengan identitas matematis positif adalah lubang konstruksi. Dalam hal ini, mereka tidak mempertimbangkan nilai modus yang bisa lebih dari satu, dan bagaimana pengaruh outlier sehingga mereka mengalami kekeliruan dalam memilih ukuran pemusatan data mana yang paling sesuai untuk menjawab atau memecahkan masalah statistika yang diberikan.
Copyrights © 2025