Meningkatkan minat baca dan motivasi belajar siswa merupakan hal yang krusial dalam mencapai tujuan pendidikan yang efektif. Di SDN Tipo, optimalisasi gerakan literasi merupakan salah satu upaya untuk mencapai tujuan tersebut. Penelitian ini membahas tentang upaya meningkatkan minat baca dan motivasi belajar di SDN Tipo melalui optimalisasi gerakan literasi.Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya minat membaca dan motivasi belajar siswa di SDN Tipo karena beberapa faktor seperti kurang aktifnya perpustakaan, keberadaan gadget, kurangnya fasilitas untuk kegiatan membaca, dan kurang memadainya kegiatan membaca. dukungan orang tua. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Data dikumpulkan melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Subjek penelitian adalah siswa, guru, dan kepala sekolah di SDN Tipo meningkatkan minat membaca dan motivasi belajar siswa. Hal ini terlihat dari meningkatnya frekuensi kunjungan perpustakaan, jumlah buku yang digunakan, dan partisipasi siswa dalam kegiatan literasi. Penelitian ini menyimpulkan bahwa optimalisasi gerakan literasi di SDN Tipo dapat menjadi solusi efektif untuk meningkatkan minat baca dan motivasi belajar siswa. Rekomendasi penelitian ini adalah perlunya program literasi berkelanjutan yang terintegrasi dengan kurikulum sekolah.
                        
                        
                        
                        
                            
                                Copyrights © 2025