Al Adawat : Jurnal Pendidikan Madrasah Ibtidaiyah
Vol. 1 No. 01 (2022): FEBRUARI

REBRANDING PSIKOLOGI PERKEMBANGAN DALAM PENDIDIKAN ISLAM

Jasminto (Unknown)



Article Info

Publish Date
06 Feb 2022

Abstract

Artikel ini berupaya menguatkan pemahaman Islam tentang perkembangan manusia dalam kacapandang pendidikan Islam. Pemahaman Islam yang dimaksud adalah tentang proses penguatan sumberdaya manusia. Metode literer sebagai payung metodologi dimulai dengan kritik terhadap pandangan dunia sekuler Barat, yang secara eksklusif bergantung pada empirisme dan reduksionisme. Kebergantungan ini membawa konsepsi Islam bergantung bahkan dikucilkan dalam berbagai kajian yang berdimensi spiritual. Pengucilan ini disebabkan oleh pengakuan keunggulan materialisme dalam psikologi perkembangan sekuler. Artikel ini mengambil inisiasi Al-Quran dan hadits untuk menentukan faktor, hereditas dan lingkungan dalam perkembangan bentuk pendidikan. Hasilnya berupa kritik terhadap paradigma epistemologis dan metodologis serta kerangka ilmu sosial dan perilaku Barat secara umum dengan menggunakan paradigma Islam yang khas yang didasarkan pada episteme Tawhidi

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

aldawat

Publisher

Subject

Religion Earth & Planetary Sciences Education Library & Information Science Social Sciences

Description

This journal is providing a platform that welcomes and acknowledges high-quality empirical original research papers about elementary education written by researchers, academicians, professionals, and practitioners from all over the world. The scope of Al Adawat : Jurnal Madrasah Ibtidaiyah Teaching ...